Sharing Session

Aplikasi Bagi Para Traveler

Ihsan Satriawan

Ihsan Satriawan

Sharing Session kali ini akan membahas tentang aplikasi buat para pecinta traveling yang akan dipaparkan oleh seorang mahasiswa Pascasarjana Tenik Informatika Institut Teknologi Bandung yaitu Ihsan Satriawan yang akan memaparkan aplikasi apa saja yang bisa digunakan oleh para traveler dengan memaksimalkan gadgetnya dan selamat membaca :)

Baiklah pada malam ini, Grup FC 8 Traventure mengadakan kegiatan diskusi rutin setiap minggunya, pada kesempatan kali ini diskusi dengan Bomber di atas akan mengangkat tema “Aplikasi Teknologi Bagi Para Traveller”. Jadi apa sih gunanya aplikasi bagi traveller? Perlu gak sih kita memaksa pake aplikasi sedangkan kalo googling pasti bakal ada solusi juga? Sehebat apakah aplikasi buat para traveller?. Sharing ini berdasarkan hasil merangkum dari berbagai artikel,forum,wawancara dan pengalaman pribadi, terkait aplikasi-aplikasi yang berguna untuk traveler yang dirangkum oleh Mahasiswa Informatika ITB ini. Nah berikut beberapa penjelasannya.

Ketika kita berbicara traveler, maka kita bisa membagi dua tipe traveler (asumsi pribadi sih XD) yakni Ransel Traveler dan Koper Traveler, kalau ransel Traveler lebih kaya low budget sedang Koper Traveler High Budget kali ya,,hehe. Maka disini ihsan fokus bahas aplikasi yang berguna untuk Ransel Traveler aja ya. Kalau koper traveler kan biasanya pake jasa wisata gitu yak tinggal ikut jadwal yang sudah dibuat oleh penyedia jasa wisata.

Berbicara aplikasi yang digunakan oleh traveler, maka kita perlu membagi aplikasi berdasarkan OS (Operating System) (Kalau di laptop/PC macam windows,MacOS,Linux) yang digunakan di dalamsmartphone-nya. OS di smartphone sebenarnya ada banyak seperti Android,iOS,Windows Phone, FirefoxOS,dll, namun disini kita bahas aplikasi untuk traveler di Android dan iOS. Agar smartphone yag kita pakai bisa lebih kita maksimalkan penggunaannya setelah diskusi ini.

Uyora: Hotel Booking (Android)

uyora-150x150

Uyora

Pernah kan kita ingin merencanakan traveling ke suatu tempat lalu berpikir bagaimana tempat penginapannya ya? nah Aplikasi ini dapat mencari dan membandingkan harga hotel di lokasi tujuan traveling, sehingga kita bisa mendapatkan tempat penginapan yang terbaik untuk dompet kita.

Traveloka (Android, iOS)

traveloka-official-logo-resmi-new

Traveloka

Berasal dari situs dengan nama yang sama, yakni Traveloka. Sama hal nya seperti kegunaan web-nya, melalui aplikasi mobile traveloka, kita bisa mencari tiket-tiket gratis dari berbagai maskapai penerbangan, sehingga saat kita senggang pun, kita bisa sambil mencari tiket murah tanpa harusa satu-satu membuka website maskapai penerbangannya, simple kan ? oh ya, saat mencari tiket murahnya bisa dengan berbagai kondisi lho, misal berdasarkan harga, waktu keberangkatan/kedatangan, nama kota,dll sehingga kita bisa segera menemukan tiket murah yang sesuai dengan kondisi kita.

KAI Access (Android, iOS)

download (1)

KAI Access

Ketika kita berencana menggunakan kereta api untuk kendaraan yang akan digunakan menuju tempat tujuan maka Aplikasi mobile official dari PT.KAI ini sangat berguna agar kita bisa mengetahui jadwal kereta yang akan datang hanya melalui smartphone kita. Melalui aplikasi ini juga kita bisa membooking jadwal kereta yang kita inginkan. Sehingga tidak akan ada lagi yang nama nya kehabisan tiket, karena kita bisa memesan jauh-jauh hari.

Weather Application (Android, iOS)

download (2)

Weather Application

Baik di Android atau iOS banyak aplikasi bawaan untuk cek cuaca sih dengan aplikasi ini kita bisa memprediksi cuaca saat kita sedangtraveling, hal tersebut penting untuk kebutuhan fotokan? gimana kita bisa foto-foto dengan cuaca yg buruk, jadi jangan sepelekan prediksi cuaca ya.

Instagram (Android, iOS)

unnamed

Instagram

Tersedia baik di Android maupun iOS, aplikasi ini sepertinya wajib untuk para traveler untuk bisa ‘memamerkan’ segala momen yang dialami selama traveling. Dengan aplikasi ini kita juga bisa me’rekayasa’ foto yang kita capture, sehingga bisa terlihat lebih kece dari aslinya.

Google Drive (Android, iOS)

download (3)

Google Drive

Aplikasi untuk penyimpanan file berbasis ‘awan’ ini walau besutangoogle yang notabene yang punya Android, namun tetap menyediakan untuk versi iOS nya. Aplikasi ini bisa menjadi salah solusi dari masalah keterbatasan memori penyimpanan file, saat ada koneksi internet kita bisa segera mengupload foto kita ke Google Drive, sehingga kapasitas penyimpanan memori kita bisa siap menampung kembali.

Waze (Android, iOS)

download

Waze

Aplikasi ini sangat membantu menghemat waktu perjalanan kita saat traveling, karena dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui kondisi rute yang akan kita lalu saat traveling. Keakuratan aplikasi ini cukup tinggi, karena tergolong aplikasi Crowdsourcing,dimana kondisi lalu lintas terupdate real time oleh pengguna waze yang berada di lokasi tersebut. Sehingga ngga ada lagi tuh cerita bete karena terjebak kemacetan disaat traveling.

TripIt (Android, iOS)

download (4)

Tripit

Aplikasi yang pada tahun 2011 dinobatkan “Best Travel Mobile App” oleh Webby Awards merupakan salah satu aplikasi travelingterbaik yang pernah ada. Aplikasi ini dapat membantu kita membuat rincian perjalanan kita (tujuan, tanggal keberangkatan dll) dan kemudian menambahkan informasi seperti nomor penerbangan Anda, penyewaan mobil, transportasi yang akan digunakan (misalnya, kereta api), rincian penginapan, tanggal pertemuan, restoran dan sebagainya. Kita bisa menambahkan rincian seperti peta, arah selama perjalanan.

Sesi Pertanyaan :

Penanya 1 (Iin) :

  1. Sudah sejauh apakah bang ihsan memaksimalkan pemakaian aplikasi tersebut? Takutnya kalo kebanyakan app di hape malah bikin lemot hapenya.
  2. Itu triplt gimana ceritanya bisa jadi best app, Dilihat dr segi apanya selain dr rincian perjalanan?
  3. Segala aplikasi diatas applicable buat global travelling ga kang?

Jawab :

  1. sudah hampir jadi bagian hidup, ga hanya buat traveling, contoh google drive, hampir semua foto dan document ihsan taruh di google drive, waze pun selalu ihsan pakai jika mau bepergian, kerasa banget manfaatnya.
  2. Karena bisa arrange otomatis jika kita forward email konfirmasi hotel dan perjalanan kita ke email TripIt.
  3. Iyaa applicable buat global, kecuali KAI Access kali ya

Penanya 2 (Kamil) :

  1. Apakah tanpa aplikasi itu ihsan bakal kesusahan? Karena saya sendiri jarang travel pake aplikasi ?
  2. Terus bagaimana kalau travel ke daerah tanpa sinyal? akan bakal repot tuh aplikasi dipake?

Jawab :

Kesusahan sih ga juga, cuma hanya memaksimalkan fasilitas yang kita punya saja. Banyak beberapa aplikasi yang bisa tanpa inet kok, misalnya garvin itu bisa kita download dulu petanya (kalo gmaps hrs online) tapi kalau yang memang harus pakai inet sih, kita harus cari alternatif lain makanya perlu cari tahu dulu signal availability ditempat yang dituju,misalnya ada program Indonesia Genggam internet dr telkomsel.

Penanya 3 (angga) :

  1. Lebih baik ikut paket perbulan atau perkouta dalam masalah internetan??

Jawab :

Kalau ihsan menyarankan kuota sih, karna kita hanya menggunakan kuota yg kita gunakan, jadi ga ada kuota yg mubazir tak terpakai.

Penanya 4 (Inah) :

  1. triplt itu butuh koneksi internet untuk memakainya ga?
  2. ada ga travel aplication yang bisa koneksi ke temen-temen pemakaiannya semacam aplikasi nebengers? Apa itu aplikasinya?
  3. menurut kak ihsan, aplikasi yg paling dibutuhin apa sih dari aplikasi-aplikasi di atas? Kenapa aplikasi itu paling penting?

Jawab :

  1. Butuh pemakaiannya.
  2. Belum ada menurut saya. Menurut ihsan sih waze karena sangat menghemat waktu dan biaya (kalo kena macet,bensin boros) jadi ga bete saat traveling karena ga kena macet).

Penanya 5 (Arif) :

  1. Lebih bagus Waze atau Gmaps ? Dilihat dari sisi apanya ya?
  2. Aplikasikan sekarng umumnya mesti koneksi ke internet, ada alternatif supaya offline gak? Misalnya kalau GMaps bisa tuh baca petanya offline.
  3. Banyak aplikasi yang berjalan, pasti bikin batere gampang aus. Biasanya orang-orang pada pake aplikasi optimasi batere. Apa bener itu buat hemat ya? Pernah pake tapi kayanya aplikasi itu sendiri malah makan memori dan betere juga.

FYI, situs semacem klikhotel.com, traveloka.com, foursquare.com, etc juga Apps loh. Tapi berbasis web. Nah biar memudahkan user ga mengetik url, dibuatlah aplikasi terpisah yang sebenernya load by web tetapi tidak semua sih.

       Jawab :

  1. Sebenarnya waze dan gmaps beda target, waze lebih untuk liat kondisi real time jalanan, kalau gmaps bisa macem-macem (bisa juga untuk liat kondisi jalan, tapi ga sebagus waze, makannya waze dibeli sama google).
  2. Garvin yang saya sebut di jawban diatas itu bisa offline tetapi ga semua app, tergantung fungsinya kalau untuk mencari tiket murah ada pasti pakai internet.
  3. Sebenarnya aplikasi optimasi itu sebenarnya bisa bikin error, karena secara technical dayatweak proses memori hp jadi lama-lama bisa bikin error *hasil obrol sama tukang servis.

Penanya 6 (Jetc) :

  1. Aplikasi Waze itu berlaku untuk seluruh Indonesia ga? Sampe ke daerah-daerah terpencil Indonesia juga ga ? Kalo sampe di luar negri, juga bisa di detect pake Waze ga? Berat ga pas lagi ngerunning perintah? *terkait sinyal, batre, dan paket data yang terpakai

ane mau usul dan FYI, ada aplikasi bagus nih. Mungkin sudah banyak yang tau ya? Namanya Trip Advisor. dia bukan hanya tentang penginapan, tapi juga tempat-tempat menarik (place of interest),bahkan tempat makan sekalipun dan ada rekomendasi apakah kalian itu solo traveling/ honeymoon/ travel with kids, etc.

Jangkauan pembahasannya sampe ke pelosok Indonesia, bahkan ke pelosok dunia.

Saya hampir selalu ngandelin web ini (dari mulai masih gatau mau kemana, udah ada rencana mau kemana, sampai kadang saat sudah on the spot tapi msh ragu mau ngapain aja).

Yang review ada yang dari orang Indo, tapi kebanyakan review orang luar. Bisa disetting bahasa Indonesia juga. Tapi masalahnya, tripadvisor ini setau saya cuma bisa dipake kalau ada koneksi internet.

  1. Ada ga apps yan g seperti tripadvisor ini, tapi yang bisa dibuka offline, san?

(Atau bisa juga seperti buku Lonely Planet versi E-Book nya).

Jawab :

  1. Iya kak sampai seluruh Indonesia, jawaban pasti sih kurang tau ya kak tapi dia bisa update jalan sesuai yang dilalui sama user, jadi kalau ada yang pernah pakai waze sampai pelosok dan dinyalakan bisa terupdate juga. Luar negeri pasti ketangkap, produk luar sih dan lebih lengkap. Kalau usageny jelas butuh inet cukup stabil dan nguras batere karena dia memakai inet dan gps juga *mirip gmaps.
  2. Tadi mau bahas tripadvisory,tetapi khawatir kebanyakan dan belum menemukan yg kaya gitu.

Penanya 7 (Adib) :

  1. Perkembangan IT semakin pesat bangetkan, begitu juga di sektor  traveling. Aplikasi traveling bakal jadi bisnis yang menguntungkan ga sih Kak ? Kayak Waze gitu, bukan traveloka yang emang buat bisnis.
  2. Aplikasi traveling keren buatan Indonesia selaim traveloka, apa ya Kak?

Jawab :

  1. Aplikasi traveling lebih untuk support proses bisnis travel sih menurut ihsan…bisa sangat menguntungkan jika mendapat cara monetize yang tepat (contoh iklan,dll) Uyora itu buatan dalam negeri dan bisa dapat top ten apps di google play, ada juga yanglagi di inisiasi oleh badr kemarin, tapi lupa namanya. Coba minta infonya ya.
  2. Uyora mirip traveloka mencari tarif hotel, pembedanya dari sisi design dan fitur search Bisa aja kalau memang iklannya tepat sasaran..google income 80% dari ads, tapi yang pasti ada cara lain sih.

Terima kasih kesempatannya untuk berbagi, semoga bermanfaat dan kita bisa lebih smartmemanfaatkan smartphone yang kita gunakan untuk hal-hal lain khususnya traveling!!