Sharing Session

Outdoor Gear

380330_2761534137298_23515646_n

Tri Nugraha Sukanto

Sharse  kali ini kita akan membahas mengenai outdoor  gear  yang akan dibahas oleh Tri Nugraha Sukanto seorang ayah muda yang punya hobitraveling dan photography, pria kelahiran bekasi 28 tahun lalu ini merupakan lulusan UNPAD jurusan teknik kimia angkatan 2004, beliau akan sharingmengenai pentingnya tas dan pakaian yang akan kita gunakan pada saattraveling.

Mungkin masih  banyak  yang belum tahu, outdoor  gear  itu  apa sih? Fungsinya apa dan kapan menggunakannya?

Jadi, outdoor gear itu adalah perlengkapan luar yang kita gunakan padasaat bepergian khususnya  traveling  atau backpacking,  seperti  tas, jaket,sepatu atau sandal.  Untuk   menjaga agar  kegiatan traveling  kita  tetap aman dan nyaman, kita  harus  pintar-pintar  dalam  memilih  outdoor  gear  yang tepat. Diskusi kali ini dibatasi hanya untuk pemilihan jaket dan tassaja.

Kenapa hanya fokus  pada jaket dan tas saja?

  1. Karena  jaket  merupakan  barang   penting pada  saat  bepergian. Jaket melindungi kita dari cuaca panasataupun hujan. Namun, kesalahan dalam pemilihan jaket dapat berdampak pada ketidaknyamanan  kita  selama bepergian, misalnya gerah  atau keringatan.
  2. Tas  merupakan barang  yang paling  penting dan selalu  dibawa ketika  kita bepergian. Kesalahan  dalam memilih  tas  juga bisa berakibat  fatal,  seperti sakit  punggung,  pundak terasa  pegal,  bahkan  kulit  padapundak dan pinggang bisa tergores atau mengelupas.

Di  Indonesia,  banyak  sekali  beredar  merk-merk tas. Untuk  merk lokal  seperti Eiger, Rei, dan Alpina.  Sedangkan merk luar  seperti  The  North  Face,  Vaude, Karrimor, Millet, Deuter, Osprey dan masih banyak lagi. Jenis tasjuga berbeda-beda, tapi yang paling sering digunakan adalah daypack dan carrier.

Lalu, bagaimana cara memilih tas yang cocok?

Pertama, kita harus menyesuaikan tas dengan tinggi badan. Kenapa tinggi badan ? karena pada pemakaian tas, pembagian beban  ke tubuh harus merata.Titik tumpu tas pada tubuh adalah di   pundak,  punggung dan pinggang. ukurantubuh dari pengguna tas berbeda -beda, sehingga tas yang dipilih harus sesuaidengan pengguna untuk menjaga  kenyamanan.  Berikut contoh penggunaan tas yang benar.

Lalu, ada beberapa pertanyaan dari peserta diskusi mengenai tas, yaitu:

  • Apakah Samsung juga termasuk merk seperti Alpine dan Eiger ? Soalnya sekarang ada Samsung gear,   kira-kira  berpengaruh dengan outdoor activitykita atau tidak ? 

Jawab:

Tidak,  itu hanya merk. Gear yang ada pada Samsung maksudnya adalah device yang bisa digunakan

  • Kalau saya tidak terbiasa trekking,  lebih sering motoran dan terkadang membawa laptop.  Kira-kira untuk keperluan seperti itu,  tas seperti apa yang cocok? Dan jika membawa carrier model  seperti apa dan  ukuran berapa liter ?

Jawab:

Kalau untuk sehari-hari gunakan daypack, yang lebih kecil daripada carrier. Sekarang sudah banyak daypack yang dijual,  mulai dari Eiger sampai Deuter.

Perbedaan carrier dengan daypack adalah kapasitas dan bentuknya. kalau carrier berbentuk  lonjong  atautabung, sedangkan daypack berbentuk kotak. Sedangkan kapasitas, walau tidak ada guideline yang pasti,untuk kapasitas terkecil carrier yaitu 40L – 100L. Untuk daypack sekitar 30L.

Untuk kasus Azzam bisa dicari tas dengan kapasitas 30L, merk disesuaikan dengan budget. Tidak perlu adakantong untuk laptop, bisa menggunakan softcase sendiri.

  • Bagaimana gear untuk wanita yang pas? karena kekuatan punggung wanita berbeda dengan pria.Kemudian apakah ada tips cara menyusun barang kedalam tas agar efisien ?

Jawab:

(1) Belakangan ini beberapa merk  sudah mengeluarkan gear  untuk wanita

gear

Outdoor Gear

Contoh : merk  Eiger, gear untuk  wanita ada lambang   kupu-kupu, sedangkan merk Deuter dengan seri SL.

Perbedaan geapria dan wania ada pada tali strap bahu.  Untuk wanita biasanya berukuran lebih kecil.

(2) Kemudian untuk tips menyusun barang, rules utama dalam  packing adalah usahakan  barang berat berada dipaling   dekat dengan punggung.Untuk baju lebih baik digulung.  Untuk barang yang sering keluar masuk,susun di kantong luar. Poin pentingnya adalah penyebaran beban.

  •   Kalau belum memiliki uang banyak,  lebih baik beli outgear yang murahtanpa merk  atau menyewa saja ?   
  • Prioritas peralatan yang dibeli  untuk pemula apa saja ? 
  • Kalau outgear untuk ibu hamil  apakah ada ? dan apakah memungkinkanuntuk naik  gunung dalam  keadaan hamil ?  
  • Jika membawa bayi naik gunung, apakah perlu outgear khusus ?

Jawab:

(1) Lebih  baik sewa. Kenapa ? Karena jika sering naik gunung menggunakan gear murah pasti akan cepat rusak. Lebih baik disewa, dan menabung. Bisa juga membeli barang yang second.

(2) Prioritas gear untuk pemula,   menurut saya tas. Alasannya karena kenyamanan penggunaan tas  berbeda-beda setiap orang. Sehingga jika punya tas pribadi,  setiap akan bepergian tidak perlu  repot settingulang tas.

(3) Naik gunung pada saat hamil pasti beresiko. Jika hamil mudarentan dengan kecapekan dan berbahaya untuk ibu dan janin,sedangkan jika hamil tua, dikhawatirkan mendadak harus segeramelakukan proses bersalin. Tapi kembali lagi ke kondisi si ibu,  lebihbaik melakukan konsultasi dengan dokter. Untuk outgear sepertinyabelum ada untuk ibu hamil

(4) Saya belum pernah mendengar bawa bayi naik gunung, tapi kalau anak berumur 7 tahu, ada. Dan ada tas khusus bawa anak ketika naik gunung.

  • Untuk solo traveling selama 1 bulan, apakah harus membawa carrier ?atau bisa hanya  menggunakan tas backpacker biasa.Untuk baju yang dibawa kira-kira berapa banyak agar bebanpunggung  tetap nyaman ? 

Jawab:

(1) Lebih baik bawa carrier karena harus bawa tenda, kompor dan logistik.

(2) Untuk naik gunung 5 hari,  lebih baik bawa 7 baju saja.  Apalagi bukan musim hujan, sehingga kecilkemungkinan ganti baju karena basah.

Dilanjutkan dengan diskusi mengenai jaket

Merk  jaket hampir mirip dengan merk tas, seperti TNF, Karrimor, dan Eiger.  Lalu, apa saja yang perludiperhatikan pada saat memilih jaket ?

1.   Bahan

Negara kita  Negara tropis  yang musim  hujannya  tidak  jelas, sehingga yang paling ideal adalah jaket denganbahan anti air yang tidak bikin gerah.

gortex

Bahan kedap air

Loh,  emangnya ada bahan anti  air  yang ga bikin gerah kayak jas hujan? Ada, namanya bahan Goretex.

Goretex memiliki beberapa lapis bahan, paling luar anti air dan paling dalam lapisan lembut karena  bersentuhandengan kulit.  Lapisan tengah memungkinkan uap air keringat bisa keluar. Harganya memang mahal, tapi itwould be a worth buy if you buy it

2.   Ukuran

Jaket sebaiknya  pas dengan badan, karena  ada jaket yang dibikin beda bahan pada bagian tubuh berbeda.

Lalu, ada beberapa    pertanyaan dari peserta diskusi mengenai jaket, yaitu: 

  • Kalau  brand yang menjual  bahan Goretex  apa?  Harganya?   Apakah bahan lain tidak dibahas? 

Jawab:

(1) Untuk brand ada TNF,  Colombia,  Mountain  Hardware.  Untuk    merk lokal sepertinya belum ada.  Untuk harga lumayan  mahal,  sekitar  >1Juta jika beli di toko resmi.  Ada yang menjual dengan harga murah ditoko online, tapi hati-hati barang palsu.

(2) Ada juga jenis lain, seperti:

a. Polar

Bahan   ini  untuk  menghangatkan.   Terbuat dari katun atau  wool. Beberapa merk jaket ada  yangmenggabungkan bahan  ini dengan bahan  Goretex (2  in  1  Jacket), jadi  anti  air  danmenghangatkan. Biasanya digunakan sebagai jaket winter.

Parasut (Sejenis plastik)

Bahan ini bikin gerah, biasa dipake di jas hujan atau jaket wind stopper (penahan angin).

ada  juga beberapa  merk yang  mengembangkan  sendiri  teknologi yang mirip Goretex, sepertiTNF dan Hyvent. Seperti Jack Wolfskin yang mengembangankan bahan sendiri dengan namaTexapore.

Kalau mau membuka outlet  perlengkapan outdoor butuh modal berapa ? Dan apakah mempunyai jaringanuntuk merk luar seperti TNF, Colombia, JWS ?

Jawab:

(1) Untuk modal saya kurang paham.

(2) Untuk jualan merk luar, biasanya dibeli sendiri lalu dijual kembali.

Kesimpulan

1.   You buy cheap, you buy twice and I’m not rich enough to buy all the time.

Maksudnya, kala kita beli barang murahan kita akan beli dua kali. Saya sendiri tidak cukupuangnya untuk beli terus menerus dalam  jangka waktu pendek. Walaupun barang bagus belum tentu mahal,tapi barang murahan banyak ongkos tersembunyinya.

2.   Kalau mau beli outdoor gear yang mahal, harusbanyakbaca dan konsultasi sama orang yang mengerti. Selainuntuk keamanan dan kenyamanan, juga menghindari barang palsu.